Doa Agar Terlepas dari Kesulitan (Do’anya Nabi Yunus a.s)

3 min read

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan (Do'anya Nabi Yunus a.s)

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan (Do’anya Nabi Yunus a.s) – Bismillahirrohmanirrohiim sahabat tulisanilmu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai doa.

Doa itu senjata bagi orang mukmin, karena dengan kita berdo’a kepada Allah SWT, maka hati kita akan menjadi lebih tenang, bahkan segala sesuatu yang menurut kita terasa berat, terasa susah, insyaAllah akan terasa mudah saat kita sudah berdo’a kepada Allah SWT yang Maha Kuasa.

Selagi doa yang kita panjatkan itu baik maka insyaAllah Allah SWT akan memberikan jawaban dan juga kemudahan kepada kita.

Kita akan membahas tentang doa agar terlepas dari kesusahan yang diamalkan oleh Nabi Yunus a.s. Berikut penjelasannya:

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan (Do’anya Nabi Yunus a.s)

Kita sebagai umat Muslim seharusnya sangatlah beruntung, karena kita diberikan oleh Allah SWT kekuatan untuk berdo’a kepadaNya. Bukankan setiap manusia pasti diberikan ujian, bukankan hidup itu penuh dengan ujian. Kalaulah kita hidup tanpa bersandar kepada Allah SWT, mungkin saat ini kita sudah menjadi orang yang berprustasi, putus asa,dan jauh dari rahmat Allah.

Tetapi Allah SWT itu Maha Baik, Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Kuasa. Sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang berbunyi:

لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ

Artinya: “Tidak ada sesuatu yang lebih besar pengaruhnya di sisi Allah Ta’ala selain do’a.” (HR. Tirmidzi no. 3370, Ibnu Majah no. 3829, Ahmad 2/362. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). Jika memahami hal ini, maka gunakanlah do’a pada Allah sebagai senjata untuk meraih harapan.

Dalam menjalankan hidup ini, terkadang kita harus melewati yang namanya kesulitan, bahkan kesulitan tersebut terasa sangat berat sekali. Bahkan ada mungkin seseorang yang putus asa dalam menghadapinya. Padahal Allah SWT memberikan ujian kepada kita hambaNya sebagai bentuk dalam meningkatkan derajat kita dihadapanNya jika kita menghadapinya dengan ikhlas dan sabar.

Baca Juga:   Thaharah: Pengertian, Macam, Tata Cara & Dalilnya

Bahkan Allah SWT menyeru kita untuk berdo’a kepadaNya, karena Allah itu dekat bahkan lebih dekat dari nadi kita. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah:186 yang berbunyi:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Berikut ini adalah doa agar kita terlepas dari kesusahan yang digunakan oleh Nabi Yunus a.s. :

Lafadz Do’a Mohon Terlepas Dari Kesulitan

1. Do’a Pertama

لَاإِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadz dzolimin

Artinya: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.” (QS. Al‐Anbiya’: 87).

2. Do’a Kedua

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ
وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ 

hasbunallah wa ni’mal wakiil, ni’mal maulaa wa ni’man nashiir,
Wa laa haula wa laa quwwara illaa billahil ‘aliyyil adziim

Artinya : “Cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.
Tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

3. Do’a Ketiga

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

La Ilaha Illallahul ‘Azhimul Halim, La Ilaha Illallahu Rabbul ‘Arsyil ‘Azhim, La Ilaha Illallahu Rabbus Samawati wa Rabbul’ Ardhi wa Rabbul ‘Arsyil Karim

Baca Juga:   Sholat Hadiah: Niat, Doa, Tata cara & Waktunya (Lengkap)

Artinya:” Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Agung lagi Lemah-Lembut, Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Tuhan Pemilik Arsy yang agung, Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Tuhan pemilik langit dan bumi, dan pemilik Arsy yang mulia”.

4. Do’a Keempat

Terdapat kitab kumpulan do’a yang di kutip dari “Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi, Kitab Ad-Da’awaaat”  dimana dalam kitab tersebut terdapat hadits yang berbunyi:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( تَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ جَهْدِ البَلاَءِ ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ ، وَسُوءِ القَضَاءِ ، وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاء )) متفق عَلَيْهِ. وَفِي رِوَايَةٍ قَالَ سُفْيَانُ : أَشُكُّ أَنِّي زِدْتُ وَاحِدَةً مِنْهَا.

Artinya: “Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mintalah perlindungan kepada Allah dari beratnya cobaan, kesengsaraan yang hebat, takdir yang jelek, dan kegembiraan musuh atas kekalahan.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Al-Bukhari, no. 6347 dan Muslim, no. 2707]

Jika dilihat dari hadits diatas, maka kita dapat merangkainya menjadi sebuah do’a agar dijauhkan dan dilindungi dari keburukan dan kesulitan.

Berikut do’anya.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ البَلاَءِ ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ ، وَسُوءِ القَضَاءِ ، وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاء.

ALLOOHUMMA INNI A’UDZU BIKA MIN JAHDIL BALAA-I, WA DAROKISY SYAQOO-I, WA SUU-IL QODHOO-I, WA SYAMAATATIL A’DAAI

Artinya: “Ya Allah aku meminta perlindugan kepada-Mu dari beratnya cobaan, kesengsaraan yang hebat, takdir yang jelek, dan kegembiraan musuh atas kekalahan”.

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan (Do'anya Nabi Yunus a.s)
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan (Do’anya Nabi Yunus a.s)

Tata Cara dalam Berdo’a

Do’a dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tidak ada batasan waktu dalam berdo’a. Allah SWT sangat mencintai orang yang selalu berdo’a kepadaNya. Dengan begitu jika kita dihadapkan pada masalah yang begitu sulit dan terasa berat, maka hal yang pertama kali dilakukan adalah berdo’a kepada Allah SWT dzat yang Maha Kuasa, dzat yang Maha Memberikan Jalan Keluar.

Baca Juga:   Sholat Dhuha: Niat, Tata Cara, Doa & Waktunya (Lengkap)

Setidaknya jika kita sudah berdo’a kepada Allah SWT, kita akan memperoleh ketenangan hati yang membuat kondisi kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kemudian atas izin Allah perlahan Allah tunjukkan jalan keluar dari masalah atau kesulitan yang sedang anda hadapi.

Nah sebaiknya agar do’a kita lebih cepat dikabul oleh Allah, kita harus mengetahui bagaimana tata cara berdo’a yang baik menurut Islam.

Berikut beberapa tata cara dalam berdo’a:

1. Diawali dengan memuji keagungan Allah SWT, bersholawat, dan beristihfar kepada-Nya.

2. Sebaiknya berdo’a dalam keadaan suci, namun jika tidak juga tidak apa-apa, akan tetapi yang lebih baik itu yang dalam keadaan suci, kemudian menghadap kiblat, dan menengadahkan tangan keatas.

3. Berdo’a dengan khusuyuk, dan suara yang lirih lembut, dengan hati yang takut dan yakin jika doa yang kita panjatkan akan terkabul.

4. Berdo’alah secara istiqomah (mengulang-ulang do’a).

5. Selanjutnya jangan sampai kita memohonkan do’a yang buruk atau mendoakan suatu keburukan.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Doa Agar Terlepas dari Kesulitan (Do’anya Nabi Yunus a.s). Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *