Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah (Sesuai Sunnah)

2 min read

Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah (Sesuai Sunnah)

Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah (Sesuai Sunnah) – Sakit perut adalah hal yang sangat lumrah dirasakan oleh semua kalangan, baik dari anak kecil hingga orang dewasa.

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya sakit perut, sakit perut bisa terjadi karena berbagai macam sebab. Beberapa sebab yang dapat menimbulkan seseorang sakit perut adalah penyakit maag, diare, sembelit, nyeri haid dan masih banyak lagi.

Jika kita merasakan sakit perut, maka Rasulullah Saw mengajarkan kepada kita bahwa kita harus senantiasa berdo’a kepada Allah SWT untuk meminta kesembuhan, selain itu kita juga harus berusaha dengan cara berobat.

Nah langsung saja pada kesempatan kali ini tulisanilmu akan memberikan penjelasan mengenai doa untuk menyembuhkan sakit perut. Berikut penjelasannya:

Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah (Sesuai Sunnah)

Sebenarnya doa itu apasih?? kenapa segala sesuatu itu harus diawali dengan doa, nah sebelum membahas mengenai doa untuk menyembuhkan sakit perut, kita akan mengkaji arti dari do’a.

Pengertian Do’a

Doa sendiri menurut bahasa adalah “Du’a” yang berarti seruan, sehingga doa itu sebuah panggilan, menyeru, memohon dan memanggil.

Sehingga do’a merupakan suatu bentuk permintaan dan permohonan kepada Allah SWT dengan rendah hati bahwa kita adalah seorang hamba yang lemah dan tidak memiliki daya serta kekuatan selain datang dari Allah SWT.

Doa adalah senjata orang mukmin. Mengapa dikatakan demikian?? yaa karena tanpa do’a kita semua akan terasa tidak memiliki kekuatan apapun, namun dengan adanya do’a, hati kita akan lebih terasa tenang, memiliki kekuatan, karena sesugguhnya Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang berdo’a kepada-NYA.

Baca Juga:   Sholat Hadiah: Niat, Doa, Tata cara & Waktunya (Lengkap)

Doa dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, hanya saja ada waktu-waktu do’a yang lebih mustajab, dan sebaiknya berdo’alah dalam keadaan yang suci.

Tujuan Do’a

Doa adalah salah satu dari ibadah yang sangat disukai oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam sebuah hadits dikatakan:

عَنِ النُّعْمَانَ بْنِ بَشِيْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنِ النِّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: الدُّعَاءُ هُوَ العِبَادَةُ رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِي وَقَالَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ

Dari An-Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Doa adalah ibadah.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Adapun tujuan dari do’a adalah sebagai berikut:

1. Untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam marabahaya dan dari godaan syeitan terkutuk.

2. Untuk memohonkan kepada Allah SWT agar hidupnya  selalu dalam bimbingan dan perlindungan dari-NYA.

3. Untuk memohonkan keselamatan di dunia juga akhirat.

4. Suatu bentuk ugkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-NYA.

Macam-Macam Do’a Sakit Perut

Berikut beberapa do’a untuk menyembuhkan sakit perut:

1. Do’a Sakit Perut

Do’a yang pertama ini dapat digunakan untuk seluruh anggota tubuh yang sakit, tidak hanya perut saja. Namun bisa digunakan pada saat sedang sakit perut.

Dalam Syarah Hisnul Muslim disebutkan Asbabul Wurud (penyebab atau peristiwa yang melatar belakangi di ungkapkannya hadist) hadits ini. Pada suatu hari ada seorang sahabat Rasulullah Saw yang datang mengeluhkan sakit pada anggota tubuhnya, Ia bernama Utsman bin Al Ash ra yang merasakan sakit semenjak ia masuk Islam.

Adapun do’anya adalah:

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadits diatas, maka cara mengamalkan doa sakit perut adalah sebagai berikut:

  • Membaca Basmallah (Bismillah 3x)
  • Sambil menempelkan tangan di bagian perut yang sakit
  • Kemudian membaca doa sebagai berikut:
Baca Juga:   Sholat Dhuha: Niat, Tata Cara, Doa & Waktunya (Lengkap)

أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’uudzu billaahi waqudrotihi min syarrimaa ‘ajidu wa’uhaadziru

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.

2. Doa Sakit Perut Pada Bayi

Sakit perut tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun pada seorang bayipun bisa terjadi. Sebagai orang tua tentu kita merasa khawatit jika sang anak mengalami sakit perut seperti diare atau yang berkaitan dengan gangguan pencernaan lainnya.

Hal yang perlu dilakukan ketika sang anak sakit adalah berdo’a memohon kepada Allah SWT agar sang anak diberikan kesembuhan, namun tidak hanya doa saja, kita perlu berusaha yakni dengan pergi ke dokter atau bidan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Namun setelah berobat, baiknya kita juga berdo’a kepada dzat yang Maha Memberikan Kesembuhan melalui syareat dari obat maupun ikhtiar lainnya.

Berikut do’anya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli `ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa `afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim

Artinya: “Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya.”

Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah (Sesuai Sunnah)
Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah (Sesuai Sunnah)

3. Doa Sakit Perut Ketika Menstruasi

Setiap perempuan pasti mengalami yang namanya menstruasi (haid). Menstruasi sendiri merupakan suatu proses keluarnya darah pada vagina yang terjadi akibat adanya siklus bulanan alami pada seorang wanita.

Baca Juga:   Thaharah: Pengertian, Macam, Tata Cara & Dalilnya

Nah biasanya ketika haid, bagian yang terasa sakit paling umum adalah perut.

Doanya sama seperti yang di awal yakni:

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.” (HR. Muslim)

Demikian penjelasan mengenai Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah (Sesuai Sunnah). Semoga kita semua senantiasa selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin. Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *