Ekspektasi Adalah: Pengertian,Bentuk & Contohnya

2 min read

Ekspektasi Adalah: Pengertian,Bentuk & Contohnya

Ekspektasi Adalah: Pengertian,Bentuk & Contohnya – Sudah pernah mendengarkah kalian tentang istilah ekspekatasi?? Mungkin bagi sebagian orang sudah tahu, namun bagi sebagian orang lagi mungkin itu adalah istilah yang jarang didengar.

Nah pada kesempatan kali ini tulisanilmu akan memberikan penjelasan mengenai Ekspektasi yang mencakup Pengertian, Bentuk dan juga Contohnya. Berikut penjelasannya:

Ekspektasi Adalah: Pengertian,Bentuk & Contohnya

Berikut Arti ekspektasi secara umum dan menurut para ahli:

Pengertian Ekspektasi

Ekspektasi berasal dari bahasa Inggris yakni “expectation” yang asal katanya adalah expect yang berarti mengharapkan, menduga dan menyangka. Sehingga jika diartikan ekspektasi adalah suatu keinginan yang nantinya diharapkan akan terjadi.

Secara umum, ekspektasi adalah suatu harapan dan keyakinan yang diharapkan akan menjadi kenyataan di masa yang akan datang, dan untuk memperolehnya kita harus melakukan sesuatu tindakan yang nyata.

Namun ada beberapa hal yang harus kalian ketahui bahwa tidak semua ekspektasi itu dapat menjadi kenyataan, karena ekspektasi tetaplah sebuah pengharapan yang belum tentu dapat terwujud meski sudah diusahakan secara maksimal.

Arti lain dari ekspektasi adalah suatu harapan besar yang dibebankan terhadap sesuatu kemudian nantinya akan memberikan dampak yang baik atau bahkan lebih baik.

Adapun pengertian ekspektasi menurut Para Ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menurut Sutisna

Ekspektasi adalah adanya keyakinan dan juga kepercayaan terhadap seseorang yang sebelumnya memang sudah diterka untuk terjadi pada suatu kondisi tertentu.

2. Menurut Fleming dan Levie

Ekspektasi adalah suatu keinginan, harapan, dan cita-cita yang diharapkan dapat terwujud dan tercapai yang dibarengi dengan perilaku dan tindakan nyata.

3. Menurut Anderson dan Chambers

Ekspektasi adalah segala sesuatu yang diyakini dan diinginkan dari konsumen tentang apa yang akan di peroleh berhubungan dengan kinerja produk atau pelayanan tertentu.

4. Menurut Boeree

Ekspektasi adalah suatu harapan dan keinginan yang tidak tetap, yang muncul dari suatu gagasan dan sesuatu hal di masa depan.

5. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Ekspektasi adalah suatu pengharapan besar yang dibebankan terhadap sesuatu yang dapat memberikan dampak yang baik bahkan lebih baik.

Bentuk Ekspektasi

Adapun bentuk dari ekspektasi adalah adanya pengharapan, harapan dan keinginan yang ada dalam diri seseorang terahadap sesuatu hal yan belum terjadi, namun keinginan atau harapan tersebut diiringi dengan usaha dan perilaku yang kuat.

Contoh Ekspektasi

Ekspektasi sudah sangat sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, bahkan setiap orang pasti memiliki keinginan atau harapan yang besar terhadap sesuatu hal. Adapun contoh ekspektasi dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ekspektasi dalam Hubungan Manusia

Contoh yang pertama adalah berekspektasi dalam hubungan manusia, dimana biasanya setiap individu memiliki ekspektasi yang besar terhadap individu lainnya. Akan tetapi tidak semua ekspektasi tersebut menjadi sebuah kenyataan.

Misalnya:

Kita bisa lihat dalam dunia percintaan, ada seorang lelaki yang telah melakukan sesuatu untuk mendekati seorang gadis yang diinginkannya. Segala macam usaha sudah dilakukan lelaki tersebut, dan dia berekspektasi akan memperoleh cinta dari seorang gadis tersebut. Dia berharap apa yang sudah diupayakannya akan membuat hati gadis tersebut menjadi luluh.

Namun pada kenyataannya tidak, si gadis justru merasa dirinya terganggu dan risih terhadap perilaku atau usaha yang dilakukan oleh si laki-laki tersebut. Sehingga ekspektasi seorang lelaki tersebut kepada seorang perempuan tersebut tidaklah sesuai dengan apa yang diharapkan.

2. Ekspektasi di Bidang Ekonomi

Ekspektasi di bidang ekonomi adalah suatu harapan atau prediksi tentang perkembangan perekonomian pada suatu periode waktu yang akan mendatang.

Adapun bentuk ekspektasi dalam bidang ekonomi tersebut adalah inflasi, jumlah pengangguran, pertumbuhan produktivitas, dan neraca perdagangan.

Misalnya:

Ditahun 2020 pemerintah Indonesia berekspektasi bahwa pertumbuhan ekonomi akan diprediksi menjadi angka 8%, namun pada kenyataannya hal tersebut tidaklah terjadi karena ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi.

Memang ekspektasi mengenai pertumbuhan ekonomi tidaklah harus sesuai dengan apa yang diharapkan. Terkadang apa yang diprediksi itu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, namun terkadang pula justru lebih baik dari apa yang diharapkan.

3. Ekspektasi di Dunia Kerja

Selanjutnya ekspektasi dalam dunia kerja yang biasanya terjadi pada perusahaan dan juga karyawannya. Dimana keduanya memiliki ekspektasi yang seringkali tidak sesuai dengan kenyataannya.

Jika dilihat dari sisi perusahaan akan berekspektasi untuk memperoleh karyawan yang mampu memberikan kontribusi besar terhadap perusahaan dengan gaji yang murah.

Sedangkan dari sisi karyawan  akan berekspektasi mendapatkan gaji yang tinggi dan juga fasilitas yang membuatnya merasa nyaman dengan pekerjaan yang tidak begitu sulit.

Misalnya:

Sebuah perusahaan memasang panel iklan yang berisikan lowongan pekerjaan untuk posisi manager dari perusahaan tersebut dengan kualifikasi tinggi. Dengan gaji hanya 6.5 juta, perusahaan berharap karyawan mampu memanage perusahaan tersebut dengan baik.

Ekspektasi Adalah: Pengertian,Bentuk & Contohnya
Ekspektasi Adalah: Pengertian,Bentuk & Contohnya

Namun, sebagian besar orang yang melamar pekerjaan tersebut berekspektasi akan memperoleh gaji diatas 8 juta perbulan untuk posisi manager dan tanggung jawab yang tinggi.

Sedangkan untuk memperoleh manager yang dibutuhkan perusahaan harus melakukan dua opsi yakni menurunkan ekspektasinya atau menaikkan gaji sesuai dengan ekspektasi pelamar.

Perbedaan Ekspektasi dan Realita

Ekspektasi dan realita tentu sangat berbeda, ekspektasi adalah suatu pengharapan atau hanya keinginan, bayangan, dimana belum ada kepastian akan terjadi. Sedangkan realita adalah suatu kondisi atau keadaan dimana sesuatu telah terjadi secara mutlak dan sudah ada di depan mata.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Ekspektasi Adalah: Pengertian,Bentuk & Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *