Sholat Hadiah: Niat, Doa, Tata cara & Waktunya (Lengkap)

1 min read

Sholat Hadiah Niat, Doa, Tata cara & Waktunya (Lengkap)

Sholat Hadiah: Niat, Doa, Tata cara & Waktunya (Lengkap) – Islam itu agama yang sempurna, bahkan dari hal yang kita tidak pernah terfikir untuk mengulasnya pun sudah di bahas dan ada dalam Islam. Ada banyak sekali masalah dan persoalan serta penyelesaian yang Islam ajarkan, karena sesungguhnya islam itu agama yang rahmatan lil ‘alamiin.

Salah satunya adalah sholat hadiah atau biasa disebut dengan sholat unsi. Sudah pernah mendengarkah istilah sholat Unsi?? Mungkin ada sebagian orang yang sudah tidak asing lagi dan bahkan pernah atau sering melaksanakannya, namun ada juga yang mungkin belum mengetahui dan akan mempelajarinya melalui artikel ini.

Baiklah langsung saja pada kesempatan kali ini tulisanilmu akan memberikan penjelasan mengenai sholat hadiah yang mencakup pengertian dari sholat hadiah, niat, doa, tata cara dan juga waktu yang dilakukan untuk sholat hadiah.

Simak penjelasannya sebagai berikut:

Sholat Hadiah: Niat, Doa, Tata cara & Waktunya (Lengkap)

Apasih sebenarnya sholat hadiah itu??

Sholat Hadiah

Sholat hadiah merupakan sholat sunnah yang dilakukan dua raka’at dengan tujuan pahala atau ganjaran sholat tersebut di hadiahkan kepada seseorang yang sudah meninggal dunia (wafat).

Sholat hadiah ini adalah salah satu amalan yang sangat mulia sekali disisi allah SWT. Karena barangsiapa yang melaksanakan sholat hadiah, maka Allah SWT akan memberikan pahala yang luar biasa. Wallahu’alam bissawab.

Dalam hadis dikatakan bahwa:

أن فاعل ذلك له ثواب جسيم, منه أنه لا يخرج من الدنيا حتى يرى مكانه فى الجنة.

Artinya: “Siapa saja yang melakukan sedekah atau sembahyang itu, akan mendapat pahala yang besar. Di antaranya, ia takkan meninggalkan dunia sampai melihat tempatnya di surga kelak.” Wallahu a’lam. (Alhafiz K)

Niat Sholat Hadiah

Adapun niat dari sholat hadiah adalah sebagai berikut:

Baca Juga:   Doa Agar Terlepas dari Kesulitan (Do'anya Nabi Yunus a.s)

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الهَدِيَّةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal hadiyyati rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunnah hadiah dua rakaat karena Allah SWT,”

Tata Cara Sholat Hadiah

Cara melaksanakan sholat hadiah sendiri itu sangat mudah, sama halnya dengan melaksanakan sholat wajib dan sunnah lainnya. Hanya saja ada doa dan surat yang dibacakan berbeda. Berikut penjelasannya:

1. Mulai dari takbiratul ihram hingga salam semua sama dengan sholat wajib

2. Hanya saja bacaan yang harus dibaca adalah sebagai berikut:

  • Raka’at pertama: Membaca surat Al-Fatihah, Lalu membaca ayat kursi, dan surat Al-Kautsar

Alfatihah

الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِينَ
الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ
مٰلِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهْدِنَا الصِّرٰطَ الْمُسْتَقِيمَ
صِرٰطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّآلِّينَ

Ayat Kursi

وَاِلـٰهُكُمْ اِلَهٌ وَاحِدٌلاَّۤاِلَهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمنُ الرَّحِيْـمُ اللهُ لاَ إِلَهَ إلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَــا فِي السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُۤ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ ۞َ

Al-Kautsar

بسم الله الرّحمن الرّحيم ۞ أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ * حَتَّى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ * كَلاَّ سَوْفَ تَعْلَمُونَ * ثُمَّ كَلاَّ سَوْفَ تَعْلَمُونَ * كَلاَّ لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ الْيَقِينِ * لَتَرَوُنَّ الْجَحِيمَ * ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِينِ ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ. الله أكبر

  • Raka’at Kedua: Membaca surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas sebanyak 11 kali.

Surat Al-Fatihah

الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِينَ
الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ
مٰلِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهْدِنَا الصِّرٰطَ الْمُسْتَقِيمَ
صِرٰطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّآلِّينَ

Surat Al-Ikhlas

Baca Juga:   Sholat Dhuha: Niat, Tata Cara, Doa & Waktunya (Lengkap)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿٤﴾، سۤبۤلَاسْ كَالِي، .

الله أكبر

Sholat Hadiah Niat, Doa, Tata cara & Waktunya (Lengkap)
Sholat Hadiah Niat, Doa, Tata cara & Waktunya (Lengkap)

Waktu Disunnahkan Sholat Hadiah

Sholat hadiah atau biasa disebut dengan sholat sunnah Unsi juga memiliki waktu pelaksanaan yang lebih afdhol. Yakni sebaiknya dilakukan setelah sholat maghrib pada saat malam pertama mayyit di kuburkan.

Adapun menurut Ulama Syafi’iyah sholat hadiah yang terdiri dari dua raka’at ini sebaiknya dilakukan pada saat jenazah baru saja di makamkan, karena hal tersebut dapat meringankan beban jenazah di alam kubur.

Jadi jelas yah bahwa waktu sholat hadiah dilakukan setelah sholat maghrib malam pertama mayyit di kuburkan.

Demikianlah penjelasan mengenai Sholat Hadiah: Niat, Doa, Tata cara & Waktunya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *